Nov 25, 2007

Hidup kita bergerak cepat

Orang yang tinggal di daerah dekat katulistiwa menjalani kehidupannya dalam "a-very-high-speed". Tanpa kita sadari bumi yang sepertinya adem ayem ini berputar terus-menerus tanpa henti.
Dalam 1 hari yang berisi 24 jam bumi akan menyelesaikan 1 putaran pada porosnya. Pada daerah khatulistiwa, lingkar bumi mencapai jarak maksimumnya yaitu sekitar 40000 km. Jadi bila dihitung kecepatan kita bergerak per jam bisa mencapai 1666 km/jam.
Ternyata seorang penduduk Indonesia yang sedang duduk diam di toilet kamar mandi pun mempunyai kecepatan gerak 2 kali pesawat Boeing 747 yang pergerakan maksimumnya di udara sekitar 800 km/jam.
Tapi kita tidak pernah merasa pusing dan mual-mual karena bergerak cepat. Kita tidak menyadari pergerakan karena semua obyek di sekitar juga bergerak secepat kita. Hal itu menimbulkan ilusi diam.
Seperti juga waktu, gerak adalah suatu relativitas. Bila kita mau bergerak mengikuti arus, sedashyat apapun tidak akan terasa. Sedangkan gerakan yang melawan arus sekecil apapun akan sangat mengguncang.

1 comment:

Anonymous said...

Gak nyangka ternyata dibalik tampang yg keras karena ditempa oleh pekerjaan Om Nico ini punya jiwa yg lembut, postingannya bener bener menyentuh hati ;)